Sunday 23 June 2019

FAKTA UNIK DAN MENARIK GN.HARUMAN GARUT


FAKTA UNIK DAN MENARIK TENTANG GN.HARUMAN GARUT
foto by Instagram @asepfirmanahmads
Gunung haruman salah satu Gunung yang menghiasi kabupaten garut dengan ketinggian 1300 MDPL , gunung haruman terletak di wilayah kecamatan kadungora garut ,tepat nya di Desa Haruman Sari, Kecamatan Kadungora , Kabupaten Garut Jawa Barat, dan berjarak sekitar 1 jam dari pusat kota garut, Kadungora sendiri berbatasan langsung dengan kabupaten Bandung ,karena merupakan daerah ter utara dari kabupaten Garut. Gunung haruman sendi
Sebenarnya untuk kalangan wisatawan seperti para pendaki gunung , nama gunung haruman sendiri tidak lah seterkenal Gunung Papapandayan ,Guntur, dan cikuray, yang memang sudah menjadi salah satu ikon garut yang di sebut PAGUCI. Tapi di kalangan para pejiarah nama gunung haruman sendiri tidak lah asing ,karena Gunung ini merupakan salah satu objek tujuan bagi para pejiarah di nusantara ini, terlebih untuk masyarakat jawa dan madura.
Sebenarnya banyak fakta unik dan menarik mengenai gunung yang sering dikunjungi oleh para peziarah ini.namun kali ini kita akan membahas sedikit saja,

1.  Batu kuda di puncak gunung haruman
sumber google.com
Diantara keunggulan yang ada di Gunung Haruman, yaitu adanya petilasan eyang wali, salah satu buktinya yaitu adanya Batu yang menyerupai kuda, walaupun saat ini yang tersisa tinggal bagian kepala saja ,kono menurut cerita yang beredar luas di masyarakat sekitar Gn. Haruman ,batu tersebut merupakan sosok jelmaan dari kuda yang menjadi tunggangan eyang wali pada jaman dahulu, yaitu sebagai kendaraan untuk bepergian ketika akan berdakwan ke luar wilayah dan saat akan pergi ke tanah suci mekah.
sejarah Batu Kuda yang tinggal pecahannya itu, dahulu batu kuda masih utuh, kepalanya ada di sebelah utara mengarah ke daerah limbangan, perut serta kakinya mengarah ke timur ke daerah cibiuk, leuwigoong dan cibatu.
Sedangkan punggung dan ekornya mengarah ke arah barat dan selatan ke daerah Kadungora dan Leles. Setiap bagian dari batu kuda tersebut memiliki makna yang berhubungan dengan wilayah yang berada di sekitaran Gn. Haruman.

2.  Gunung haruman merupakan jejak pra sejarah
Menurut kepala bidang kebudayaan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (DISBUDPAR) kabupaten Garut, Warjito bahwa di kaki Gn. Haruman di temukan adanya bukti peninggalan pra sejarah berupa batu berkepala kuda ,yang di yakini oleh masyarakat setempat sebagai peninggalan dari Prabu Kiansantang , “ Nah kalau berdasarkan kajian historis sejarah, batu tersebut merupakan batu megalitik, yang merupakan bukti peninggalan masa pra sejarah” ungkapnya.

3.   Adanya harta karun penggalan DI/TII
Cerita mengenai keberaadaan harta karun penginggalan dari DI/TII ini memang sudah mengakar di masyarakat sekitar Kaki Gn.Haruman. di kisahkan dulu ketika jaman pemberontakan DI/TII ,masyarakat dan militer mengepung pasukan DI/TII di Gn.Haruman  bersama-sama , yang di namakan dengan Operasi Pagar Betis ,karena terdesak para pasukan DI/TII akirnya memilih untuk mengubur hartanya yang berupa emas dan juga senjata serta helm baja  yang mereka bawa di satu titik lalu di tanami bambu di atasnya, di lain cerita ada yang mengatakan bahwa di Gn. Haruman sendiri terdapat batu yang memiliki kandungan emas. Hingga saat ini bagi masyarat yang percaya dengan keberadaan harta tersebut masih melakukan pencarian meskipun terkendala dengan banyak nya rumpun bambu haur di sana.
FAKTA UNIK DAN MENARIK  GN.HARUMAN GARUT

4.  Adanya makam para wali
Seperti yang sudah kita ketahui garut merupakan salah satu tempat tujuan bagi para peziarah dari seluruh nusantara, itu sebabnya garut selalu ramai pada bulan-bulan tertentu. Faktor utamanya yah karena banyak nya makam para ulama penyebar agam islam di tanah pasundan khususnya garut dan beliau-beliau rata-rata asli dari tanah garut.
Di Gn. Haruman sendiri terdapat tiga makam keramat yakni makam Syekh Maulana Maliq Ibrahim ,syekh Jafar Assidiq dan makam Nyai Fatimah. Belaiau merupakan tokoh-tokoh penting dalam penyebaran agam islam di tanah pasundan terkhusus daerah Garut sendiri. Di tambah dengan ada nya batu yang menyerupai kuda yang saat ini hanya tinggal bagian kepala. Konon batu tersebut adalah jelmaan dari kuda tunggangan eyang wali yang sering di pakai untuk bepergian jauh seperti saat pergi berdakwah ke luar garut.

5.  Merupakan salah satu gunung di garut yang mempunyai aura mistis
Cerita mistis di gunung ini bukan lagi cerita baru,melainkan sudah lama tersebar dan mengakar di masyarakat sekitar kaki Gunung Haruman. Banyak yang mengalami kejadian-kejadian di luar nalar tersebut seperti hal nya para pendaki yang mendaki ke Gn. Haruman . di tambah lagi sering adanya oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan ke mistisan gunung haruman untuk melakukan pesugihan demi memperkaya diri, adapun yang sekedar mencari ilmu kebatinan.

Dikisahkan dahulu ketika Batu Kuda masih berbentuk utuh sering adanya orang yang data ke sana dengan niat melakukan pesugihan. Dan tragedi terpecahnya Batu Kuda tersebut pun konon menurut masyarakat sekitar adalah karena tertimpa oleh pohon besar yang di tebang oleh empat orang warga sekita, ada yang mengatakan batu tersebut memang sengaja di hancurkan oleh warga yang merasa kesal karena batu tersebut sering pakai untuk kegiatan pesugihan namun ada juga yang menyebutkan tertimpa pohon besar, 4 warga yang melakukan penebangan pohon yang menyebabkan batu tersebut tertimpa lalu pecah berkeping-keping di sebutkan bahwa mereka pun meninggal dengan kondisi mengenaskan , tiga diantaranya meninggal di tempat dan satu orang lagi meninggal ketika sudah berada di perkampungan.
FAKTA UNIK DAN MENARIK  GN.HARUMAN GARUT

6.  Memiliki hubungan dengan presiden RI ke -2 yakni Menidang Suharto.
Menurut beberapa cerita yang beredar bahwa sebagian Gn. Haruman dari baian tengah hingga puncak  merupakan milik Presiden Suharto. Menurut kabar yang beredar, dulu presiden ke 2 di indonesia ini sempat beberapa kali berziarah ke Gn. Haruman . benar ataupun tidak tentang gunung haruman itu yang sebagian wilayahnya merupakan milik suharto wallahualam.

7.  Sebagai tempat Olah Raga PARAGLIDING / PARALAYANG.
Dulu pada pertengahan tahun 90-2000 an di puncak gunung haruman pada setiap musim kemarau sering di pakai olahraga paralayang oleh para penggiat alam bebas.
Lokasi tersebut berada di puncak bagian utara Gn. Haruman dengan luas wilayah 40x15 M persegi.dengan kontur tanah berumput. Para penggiat paralayang . para penggiat paralayang yang akan terbang dari Gn. Haruman ini biasanya mereka membawa peralatan sendiri ,karena tidak ada pihak pengelola yang menyediakan atau memang membuka tempat tersebut untuk kegiatan olahraga paragliding.

Itulah informasi singkat mengenai Gn. Haruman yang terletak di kabupaten garut. Bagi kaian yang merasa tertarik untuk datang mengunjungi Gn. Haruman silahkan, baik yang mau berziarah ataupun hanya sekedar menikmati udara segar.
FAKTA UNIK DAN MENARIK  GN.HARUMAN GARUT

Komentar Facebook