Wednesday 28 February 2018

Estimasi Waktu Pendakian Gn. Slamet Via Jalur Bambangan Purbalingga Terlengkap dan Terbaru

ESTIMASI WAKTU PENDAKIAN GN. SLAMET VIA JALUR BAMBANGAN PURBALINGGA
gerbang pendakian pos bambangan
Selamat pagi, siang , sore,  malam buat kalian para traveler, petualang, penikmat alam, penemuh rimba ,dll.
Pernah ke Gn. Slamet  atau belum ?  jika belum, kalian harus mencobanya gengs. Untuk kalian para traveler atau pendaki pemula ,kalian jangan khawatir tidak bisa mendaki ke Gn. Slamet ,tenang gengs ,kali ini saya akan memberitahu kalian ,enaknya via jalur pendakian mana yang cocok buat pemula dan treknya tidak garang, alias ramah ramah manjaah,hihi,
Melanjutkan tulisan saya yang kemarin mengenai  ESTIMASI PERJALANAN DAN BIAYA PENDAKIAN GUNUNG SLAMET JAWA TENGAH, kali ini saya akan membahas tentang  ESTIMASI WAKTU PENDAKIAN VIA JALUR BAMBANGAN PURBALINGGA, berapa lama sih via jalur bambangan? Treknya extrim gak sih via jalur bambangan? Bawa pemula bisa gak yah?
Mungkin masih ada yang bertanya-tanya seperti itu dari kalian? Mungkin saja yah, apalagi buat kalian para pendaki ulung yang ingin mengajak partner kalian yang masih pemula ,yah semisal pacar mungkin, gebetan, atau masih PDKTan hihihi.
Oke baiklah ,jalur pendakian Gn. Slamet via bambangan itu tergolong sangat ramah-tamah, jalurnya enak tidak terlalu terjal, namun sedikit panjang, tetapi banyak bonusnya. Untuk pos-posannya, jalur bambangan memiliki 9 pos dan berjarak tempuh diantaranya.
Basecamp – pos 1 : 1,5 jam -2 jam
Pos 1 (Pondok gumirung -  pos 2  walang : 1.5 jam
Pos 2 walang - pos 3 cemara : 1,5 jam
Pos 3 cemara -pos 4 samarantu : 30 menit
Pos 4 samarantu - pos 5 mata air : 45menit
Pos 5 mata air -  pos 6 samyang rangkah : 30 menit
Pos 6 samyang rangkah – pos 7 samyang jampang : 45 menit
Pos 7 samyang jampang – pelawangan  : 1 jam

Pembahasan kali ini saya akan mengulas mulai dari
·         RUTE PERJALANAN DAN WAKTU TEMPUH
·         AREA CAMPING
·         MATA AIR
·         SUMMIT ATACK

RUTE PERJALANAN
1.       BASECAMP – POS 1
basecamp pendakian jalur bambangan
Perjalanan dari basecamp menuju pos 1 (pondok gumirung) itu lumayan cukup panjang, pertama kita akan melewati perkebunan warga terlebih dahulu, dari jalan raya tidak jauh dari basecamp kita langsung belok kanan menuju jalan setapak, dari sini treknya lumayan cukup panjang. Sehabis perkebunan warga kita akan melewati hutan pinus yang lumayan cukup luas, disana terdapat bangunan banguna warga (saung) dan juga warung, jika cape yah kita bisa lah sebat dulu disitu. Jika kalian berangkat nya saat musim kemarau disarankan kalian jalan dari pagi saja biar tidak terlalu panas, karena disini areal nya lumayan cukup terbuka ,yaaah bisa melehoy lah jalurnya hihihi. Setelah kalian melewati hutan pinus kalian akan tiba di pos 1 ,disana terdapat bangunan shelter  pos 2 yang sudah di sediakan oleh ranger setempat, dan juga terdapat  beberapa warung warga, kalian bisa kembali melehoy dulu disana, areanya cukup terbuka ,jadi handphone kalian masih bisa mendeteksi signal, bisa lah update status dulu wkwkwkw.
Jarak dari basecamp sampai pos 1 itu sebenarnya berpariasi, ada yang cumin 1 jam, ada yang 2 -3 jam di perjalanan , tergantung gaya mendaki kiita saja, kita mau santai atau mau cepat, atur saja sesuai kebutuhan yang penting aman dan selamat,
  1. POS 1 PONDOK GUMIRUNG – POS 2  WALANG
warung di pos 1 
Dari pos 1 menuju pos 2 ,treknya lumayan panjang juga , namun tidak terlalu garang jalurnya ,hanya di awal saja ,tak panjang lah tanjakan kita akan melewati tanjakan yang agak lumayan menguras tenaga, apalagi jika kita berhenti lama di pos 1 ,otomatis badan akan kembali dari awal untuk memanaskan otot-ototnya, tapi tak jauh ko hanya sebentar. Setelah itu jalanan hanya nanjak-nanjak biasa saja, banyak bonus lah.
Jarak dari pos 1 sampai pos 2 itu rata-rata 2 jam perjalanan. Di pos 2 terdapat bangku-bangku yang sudah tertata rapih yang sudah disiapkan untuk istirahat para pendaki , dan biasanya para pendaki suka beristirahat dulu disini sebelum melanjutkan kembali ke pos 3.

2.  POS 2 WALANG – POS 3 CEMARA

pos 2 walang  jalur bambangan
Nah dari sini nih, trek pendakian menuju pos 3 cemara mulai terasa agak berat namun tidak terlalu berat ,seperti menahan rindu #adaaaw.  Trek mulai berakhar dan jalurpun agak semakin sempit, kondisi area hutan dari pos 3 sampai pos 4 dan seterusnya sudah termasuk hutan rapat, adem lah pokonya , dari pos 2 sampai ke pos 3 rata-rata waktu tempuhnya sekitar 1.5 jam perjalanan ,tapi kembali ke  gaya mendaki kita, bisa lama bisa lebih cepat,
Nah untuk kalian yang berangkat agak siangan ,jika kalian tiba di pos 3 sudah sore, saya sarankan untuk mendirikan tenda area ini, areanya cukup terbuka di bagian atas. Dan kalau bisa jangan sampai mendirikan tenda di pos 4 samarantu, anjuran mah begitu, tapi yah kalau memang terpaksa sih tidak menjadi soal. Sah-sah saja, tapi persediaan air kalian harus sudah diperhitungkan dari bawah jika ingin menginap di area ini, karena disini tidak ada sumber mata air lagi, yang ada hanya nanti di pos 5 .

 3. POS 3 CEMARA – POS 4 SAMARANTU
Dari pos 3 sampai pos 4 treknya tidak terlalu terjal ,banyak landainya dan jaraknya juga tebilang dekat lah ,hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 30-45 menitan saja dari pos 3 sampai pos 4 itu, disni juga areanya lumayan cukup luas ,dan bisa saja untuk mendirikan tenda di area ini, tapi kebanyakan para pendaki tidak memilih mendirikan tenda disini kebanyakan di pos 5. Karena ada sumber mata air untuk pasokan perbekalan,selain dari itu juga, pos 4 samarantu memang di kenal dengan suasananya yang lumayan horror, cerita ini juga bukan sekedar asal menarik saja, tapi memang di akui oleh para ranger dan warga setempat juga, dan tidak sedikit juga para pendaki yang mengalami suasana mistis juga saat mereka mendirikan tenda di area pos 4. Yaah namanya juga di gunung ,memang sudah tempanya mereka, semuanya kembali ke pribadi masing- masing saja,karena tidak semua pendaki yang berkemah di pos 4 selalu mendapatkan gangguan mistis , hanya sebagian saja. Bismillah saja, dan tetap ingat tuhan yang maha esa.


4. POS 4 SAMARANTU -  POS 5 MATA AIR
foto bareng sama kawanan dari bekaseeh
Untuk trek dari pos 4 sampai pos 5 itu tidak terlalu jauh jaraknya, hampir sama seperti dari pos 3 ke pos 4, yah kurang lebih sekitar 45 menitan lah,  treknya juga masih ramah-ramah manja, jalurnya yang tidak sempit dan banyak bonusnya juga. Dia area ini kebanyakan pendaki memilih mendirikan tenda atau berkemah, dikarenakan di area ini terdapat sumber mata air yang mengalir dan juga areanya yang lumayan luas,terdapat shelter juga , jika musim hujan air akan lumayan banyak, tapi jika musim kemarau kalian harus pintar pintaran juga mengambil air , karena jika musim kemarau biasanya hanya berupa genangan saja,.

·         MATA AIR TERAKHIR  DAN AREA CAMPING
5.     POS 5 SUMBER AIR – POS 6 SAMYANG RANGKAH
plang pemberitahuan pos 5
Untuk jarak dan rute dari pos 5 sampai pos 6 itu tidak terlalu jauh dan terbilang yang paling dekat diantara semua pos di jalur bambangan itu sendiri. Jaraknya hanya sekitar 20-30 menitan saja dari pos 5 ke pos 6 itu,dari pos 5 sampai pos berikutnya itu sudah mulai masuk areal terbuka, jika untuk kapasitas tenda di pos 6 tidak terlalu luas dan hanya muat kira – kira sekitar 2-3 tendaan saja,dengan kapasitas tenda 3/4 orang saja. Jarang juga pendaki mendirikan tenda di areal ini dan biasanya memilih bekemah di pos 7 saja ,

7.       POS 6 SAMYANG RANGKAH – POS 7 SAMYANG JAMPANG
Dari pos 6 menuju pos 7 arealnya sudah masuk areal terbuka, treknya juga mulai menyempit dan berakar, di sebelum sampai pos 7 kita akan memasuki jalur yang berakar dan seperti masuk lorong sempit , yah kira kira sekitar 30 meteran lah, kata sebagian pendaki jalur ini mirip seperti di trek pendakian Gn. Kerinci jambi.
salah satu trek di menuju pos 7
kata mereka yang sudah pernah berangkat kesana hehe. Nah setelah melewati trek tersebut ke pos 7 itu sudah tidak jauh lagi ,yah kurang lebih sekitar 15 menitan lagi lah,oh ia jangan lupa siapkan buff banda jika kalian sudah memasuki trek pos 6 pos 7 karena jika musim kemarau trek akan bedebu , mengingat areal nya yang sudah terbuka jadi tidak lembab tanahnya. Dari pos 6 ke pos 7 itu jaraknya kurang lebih sekitar 45 menitan lah bahkan bisa sampai 1 jam kalau kita santai mah.
8.       POS 7 SAMYANG JAMPANG  ( AREA CAMP TERAKHIR)
Dipos 7 ini biasanya menjadi opsi terakhir bagi para pendaki untuk mendirikan tenda jika di pos 5 sudah penuh, disini juga terdapat bangunan shelter.  Arealnya yang sudah terbuka  sehingga pemandangan nya sangat jelas menghadap ke seletan , jika sore menjelang senja, disini menjadi paporit pendaki untuk berfhoto-fhoto ria , biasan sinar matahari di sore hari biasanya akan terlihat merah merona , jingganya menjadi perburuan.  Jika memang sedang bagus cuacanya , tidak hanya suasana senja yang indah tapi hamparan awan putih akan Nampak terlihat indah, dari segi ketinggian ,kurang lebih sekitar  3100 mdpl lebih, lebih dari puncak Gn. Ciremai atap jawabarat.

fotret senja di camp 7

·         SUMMIT  ATACK KE PUNCAK GN. SLAMET
Jika lokasi camp kalian berada di pos 5 sumber air, summit ke puncak Gn. Slamet akan jauh lebih lama dibanding kan dengan yang berada di pos 7, tapi jika kalian berada di pos 7  bisa di tempuh dengan jarak perjalanan sekitar 3 jam saja , untuk persiapannya seperti biasa saja , jangan lupa membawa air panas saat sebelum melakukan summit attack dan cemilan untuk nanti di puncak , kopi mungkin jika kalian ingin masukan saja ke daftar perbekalan ,masa iya di puncak tidak menikmati segelas kopi, walau saya dulu tidak sempat karena cuaca di atas memang sedang tidak bersahabat.
Kalian bisa memulai perjalanan sekitar pukul 4 subuh dari pos 7 , jangan lupa perlengkapan ke amanan seperti jaket dan celana trekking yang tidak mudah di tembus dingin harus kalian gunakan,dan juga  jangan lupa untuk tetap menggunakan buff atau masker ,jika kondisi nya musim kemarau akan sangat berdebu ,dan biasanya angin sudah terasa kencang karena areal dari pos 7 sampai puncak itu sudah terbuka, hanya beberapa ratus meter saja dari pos 7 sampai pos 8 yang masih agak tertutup, jika sudah sampai di pos 8 sampai seterusnya areal benar – benar terbuka, focus kalian juga harus benar-benar di perhatikan saat berada di jalaur ,terlebih ketika sudah melewati POS 9 PELAWANGAN BATAS VEGETASI dari sana trek yang akan kalian jumpai bukan lagi tanah ,melainkan trek bebatuan dan berpasir kasar, tetap memperhatikan pijakan kalian dan team kalian, jangan sampai terpecah belah, usahakan leader yang memimpin sudah mengetahui trek pendakian dan sweaper yang mengawal di belakang di usahakan orang-orang yang kondisi fisiknya di atas rata-rata rombongan ,karena biasanya sweaper selalu menemani anggota team yang sudah kelelahan dan dia juga mengawal dan menentukan kuat atau tidaknya anggota team yang lemah bisa sampai puncak, disini kordinasi anatar anggota benar-benar di perhitungkan,
ini momen saat di bantai dingin

Dari batas vegetasi sampai puncak itu berjarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan, kadang juga bisa lebih lama dan lebih cepat, tergantung kondisi tubuh seseorang. Beberapa puluh meter sebelum top puncak disana trek sudah semuanya berbatu dan pergerakan angin juga lebih cepat ,tergantung kondisi cuaca saat itu,

Setelah melewati trek tersebut sampailah kalian di top puncak Gn. Slamet  dengan ketinggian 3428 MDPL ,disana akan terdapat tulisan plang puncak Gn. SLAMET yang terbuat dari Plat sheng dan plat yang berbentuk Gunung seperti di pewayangan.



puncak gunung slamet jawa tengah


rahma daniyah puncak gn.slamet (cerita para pejalan)














puncak gunung selamet jawa tengah









trek sebelum puncak gn slamet, (cerita para pejalan)


















puncak gunung selamet































silahkan berfoto-foto ria jika kalian sudah sampai puncak yah, jangan lupa untuk turun karena di atas dingin hihi,
perbanyak stok foto buat amunisi di lain waktu, biar bisa di updload satu satu hihi,
mungkin sekian untuk informasi seputar pendakian Gn. Slamet jawa tengah , dari mulai estimasi perjalnan dari basecamp sampai puncak. semoga bermanfaaat dan bisa membantu
trimakasih sudah bersedia membaca . salam petualangan .salam rimba dan salam lestari
baca juga


Lokasi: Gn. Slamet, Gunungsari, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia

Komentar Facebook