Monday 30 July 2018

Gempa yang menggucang pulau Lombok,membuat pendakian Gn. Rinjani di tutup untuk sementara waktu!


Gempa yang menggucang pulau Lombok,membuat pendakian Gn. Rinjani di tutup untuk sementara waktu!

salah satu dampak gempa yang terjadi di lombok,plang pendakian Gn rinjani via senaru ambruk

Gempa bumi yang terjadi pada tanggal 29/07/18 kemarin di pulau Lombok NTB, membuat semua aktivitas pendakian di Gn. Rinjani untuk sementara ini di tutup ,berdasarkan tindak lanjut mengenai kejadian gempa dan dampak yang terjadi di Lombok. Besarnya kekuatan gempa yang mengguncang Lombok membuat bangunan – bangunan rumah warga dan fasilitas lainnya mengalami rusak berat dan ringa, korban pun berjatuhan hingga mengakibatkan korban meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan.


" gempa di pulau lombok ntb ,membuat sejumlah bangunan rusak berat"



surat penutupan pendakian Gn. Rinjani NTB

Begitupun dengan status Gn. Rinjani tersebut, pihak TNGR memutuskan untuk menutup kegiatan pendakian sementara terhitung mulai dari tanggal 29/07 kemarin, dan juga adanya pendaki yang meninggal dunia di Gn. Rinjani akibat tertimpa longsoran yang terjadi disana, 1 orang pendaki perempuan a/n Siti Nur Ismawieda yang berasal dari negri tetangga Malaysia dan 1 orang lagi berasal dari makasar Sulawesi selatan,a/n Muhammad ainul taqsim, ke 2 korban ini pun sekarang masih dalam proses evakuasi oleh team evakuasi gabungan yang terdiri dari BASARNAS,TNI ,POLRI dan relawan lainya,
Selain dari ke 2 korban tersebut , banyak juga pendaki yang terjebak di Gn. Rinjani dan tidak bisa melanjutkan perjalanan untuk turun akibat jalur pendakian yang tertimbun oleh longsor, mereka berada di Danau sagara anak dan Pelawangan sembalun. Dari data yang di dapat  pendaki yang terjebak di Gn. Rinjani sebanyak 524 orang, yang terdiri dari WNA 358 orang dan WNI 166 orang.

" evakuasi pendaki yang terjebak di Gn. Rinjani"



Pada pukul 08:00 WITA (30/07) team evakuasi sudah mulai bergerak naik ke titik dimana para pendaki terjebak untuk selanjutnya di bawa turun ke pos – pos pendakian untuk kemudian di bawa ke pos kesehatan yang sudah ada, dan rencananya relawan gabungan akan mendirikan pos kesehatan di areal pos II untuk meminimalisir resiko terjadinya korban tambahan, karena berdasarkan informasi yang di dapat, para pendaki yang tertahan di Gn. Rinjani sudah mulai kekurangan logisitik. Semoga saja tidak ada kendala untuk team evakuasi dalam menjalankan tugasnya dan semua bisa kembali dengan selamat tanpa ada yang tertinggal.


Baca juga


Lokasi: Mount Rinjani, Sembalun Lawang, Sembalun, East Lombok Regency, West Nusa Tenggara, Indonesia

Komentar Facebook