Wednesday 1 August 2018

POLEMIK PELEBARAN JALAN MENUJU SABANA CIKASUR GN. ARGOPURO !!

POLEMIK PELEBARAN JALAN MENUJU SABANA CIKASUR  GN. ARGOPURO !!
Akhir – akhir ini media sosisal di ramaikan kembali mengenai pelebaran jalan areal suaka marga satwa dataran tinggi hyang atau biasa di sebut dengan Gn. Argopuro , polemik ini terjadi akibat pembukaan jalan menuju mata air satu atau cikasur oleh pihak perum perhutan  sumber malang  bersama pemerintah kabupaten situbondo.
Dikalangan para penggiat alam bebas, Gn. Argopuro bisa di katakan sangat special , dikarenakan Gunung ini mempunyai banyak ke unikan yang tidak bisa di rasakan digunung – gunung lainya, seperti memiliki banyak sabana di sepanjang perjalanannya, jarak tempuhnya yang  sangat panjang membuat Gn. Argopuro menjadi salah satu gunung dengan trek terpanjang, di pulau jawa sendiiri gunung ini menempati urutan pertama gunung yang  jarak tempuhnya ±42 km, jika di hitung dengan hari bisa memakan waktu  7 hari perjalanan lintas jalur ,

Selain itu juga, Gn. Argopuro merupakan gunung yang masih sangat sepi dari pengunjung atau pendaki, tidak seramai gunung – gunung lainya seperti Gn. Semeru contohnya, untuk  bertemu rombongan pendaki lain pun di tempat ini sangat kecil kemungkinannya , karena pendakian ke Gn. Argopuro sangat di batasai, terkecuali jika ada pendaki yang start awal nya beda jalur dengan kita, bisa saja ketemu tapi hanya berpapasan saja.
Namun akhir – akhir ini daerah ini seperti sedang di usik ke tenangannya, dengan sebuah rencana pelebaran jalur menuju cikasur sampai ke  salah satu sabana  di Gn. Argopuro, pelebaran jalan ini di lakukan atas kerjasama antara pihak perum perhutani sumber malang  dan pemerintah kabupaten setempat  dengan dalih untuk mengangkut  hasil  hutan produksi perum perhutani RPH sumber malang di Blok batu labeng yang masuk ke daerah desa baderan kec, sumber malang, kabupaten situbondo jawa timur , di perkirakan total jarak jalan yang akan di bangun atau dibuka  saat ini sekitar 8,3 km. selain untuk mengangkut hasil hutan ,pelebaran jalan ini juga di tujukan  untuk pengembangan objek wisata baru yang ada di Blok cikasur. Bisa di bayangkan tempat yang dulunya sepi banget, jauh dari hirup pikuk dunia modern ,akan bising dengan suara knalpot yang lalu lalang , entah dari para pengunjung ataupu n dari kendaraan para pengangkut hasil hutan.



Menindak lanjuti isu tersebut para penggiat alam bebas, atau yang biasa di sebut pendaki, dan beberapa organi sasi pecinta alam di berbagai daerah yang merasa perduli dengan daerah ini,ramai – ramai mengadakan petisi penolakan atas pelebaran jalan tersebut , dan sampai saat ini petisi tersebut terus menyebar dan terus di sebarkan. Petisi ini merupakan salah satu bentuk rasa perduli dari masyarakat baik yang di berada di sekitaran daerah Gn. Argopuro maupun di daerah – daerah lain dengan dasar atas kelestarian lingkungan yang ada di sana.



Lokasi: Gn. Argapura, Kalianan, Krucil, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia

Komentar Facebook